Laporan Akhir ClickJob



Laporan Prototype ClickJob
  


CLICKJOB
 

 

KELOMPOK 2:

2301887345 - Catharina Zevania Neysa Soetanto
2301914604 - Felina Suryadi 
2301922796 - Vitariani
2301925854 - Melody Effendi



 

BAB 1
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Seiring dengan berkembangnya populasi di dunia, maka akan semakin banyak lapangan kerja dan jasa pekerjaan yang dibutuhkan. Namun, nyatanya lapangan pekerjaan yang ada tidak dapat mengikuti perkembangan populasi yang ada, sehingga banyak orang yang kesulitan untuk mencari pekerjaan dan juga jasa pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
  
Dikutip dari katadata.co.id, data dari World Employment and Social Outlook (WESO) edisi 2022 menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia tahun ini adalah sekitar 6,1 juta penduduk (atau 4,4% dari angkatan kerja) dan tidak berubah dari tahun lalu. Angkatan kerja adalah sebutan untuk penduduk dengan rentang usia produktif atau usia kerja yang sedang bekerja maupun sedang dalam proses mencari pekerjaan. Berdasarkan ketentuan pemerintah Indonesia, usia yang termasuk ke dalam usia produktif adalah usia 15 tahun hingga 65 tahun. (kamus.tokopedia.com). 
 
Dimana angka 6,1 juta penduduk pengangguran ini merupakan angka yang cukup tinggi dan tidak menutup kemungkinan akan meningkat seiring bertambahnya waktu jika tidak diatasi atau ditekan. Hal ini tentu dapat mengganggu bahkan menghambat perkembangan perekonomian dan tingkat kesejahteraan dalam suatu negara, sehingga diperlukan adanya tindakan yang dapat mengatasi tingkat pengangguran ini.
 
Dikutip dari kompas.com, diketahui bahwa salah satu penyebab lamaran kerja banyak yang ditolak adalah karena pelamar tidak memperbaharui CV. Para pelamar mungkin saja sebenarnya memenuhi kualifikasi dan memiliki pengalaman kerja yang mumpuni. Namun, jika CV tidak diperbaharui sesuai dengan pekerjaan yang dilamar dan juga tidak menarik, maka kemungkinan besar lamaran kerja akan ditolak. 
 
BPS mencatat bahwa sebesar 25,87 persen penduduk merupakan milenial dan 27,94 persen adalah generasi Z yang berarti generasi milenial dan generasi Z mendominasi penduduk Indonesia. Dari survei yang dilakukan penyedia web confering video PowWowNow, ditemukan pada tahun 2025, sebanyak 75 persen dari tenaga kerja akan diisi oleh generasi milenial, dengan 70 persen diantaranya menginginkan bekerja secara fleksibel. Sementara itu, sebanyak 64 persen ingin dapat bekerja remote dari luar kantor dan 43 persen lebih menyukai kerja lepas (freelance). Mengingat lebih dari 50 persen angkatan kerja yang ingin bekerja secara fleksibel, maka diperlukan juga dukungan platform yang dapat memenuhi kebutuhan generasi milenial ini dalam hal pekerjaan, yaitu platform yang memberikan banyak pilihan karir yang luas dan beragam serta tidak mengekang pada satu jenis pekerjaan tertentu.

 

  1. Rumusan Masalah
  • Platform apa yang dapat kita bantu dalam membantu mengatasi pengangguran pada angkatan kerja di Indonesia dengan menggunakan teknologi?

  • Bagaimana cara membantu para generasi milenial dan generasi Z mendapatkan pekerjaan yang cenderung sesuai dengan apa yang mereka inginkan dengan menggunakan platform yang kita buat?

  • Bagaimana cara membantu para calon pekerja dalam mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja?

  • Bagaimana cara membantu para calon pekerja dalam mempersiapkan CV secara baik dan menarik?



  1. Tujuan
  • Membuat platform website yang dapat menjadi wadah dan sarana komunikasi bagi para orang yang mencari pekerjaan freelance (freelancer) dan juga user yang ingin mencari jasa freelance sebagai salah satu upaya dalam mengatasi banyaknya pengangguran di Indonesia. 

  • Membuat platform website yang dapat menjadi wadah para generasi milenial dan generasi Z mendapatkan pekerjaan yang fleksibel dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan dengan menggunakan platform yang kita buat.

  • Membantu para calon pekerja dalam mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja dengan memberikan informasi terkait webinar-webinar yang membahas informasi yang tidak didapatkan dalam dunia pendidikan formal terkait dunia kerja.

  • Membantu para calon pekerja dalam mempersiapkan CV yang baik dan menarik.



  1. Metode

Pada pembuatan prototype ini, kami menggunakan metode analisis dan observasi. Setelah melakukan observasi dan analisis, kami membuat prototypenya dan melakukan user testing dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) dan juga User Experience Questionnaire (UEQ) yang diisi oleh 13 orang.


 

 


BAB 2
PEMBAHASAN


Pengguna:
 
Dalam ClickJob, ada 3 pengguna yaitu : 
  1. Guest : Orang yang tidak/belum memiliki akun pada ClickJob
  2. Freelancer : Orang yang menyediakan jasa dan mempromosikan jasanya di ClickJob
  3. Pencari Jasa (Client/Customer) : Orang yang sedang mencari jasa pada ClickJob 

 



Fitur:
  • Register 
    Fitur Register merupakan fitur untuk melakukan registrasi akun baru. Pengguna akan diminta untuk mengisi beberapa informasi pribadi, seperti nama, jenis kelamin, kota domisili, alamat email, nomor telepon dan juga kata sandinya. Jika dirasa sudah benar, maka pengguna harus menyetujui syarat dan ketentuan yang telah ditentukan lalu selanjutnya pengguna dapat memilih untuk mendaftarkan diri sebagai client maupun freelancer.

     

    • Login

    Halaman Login adalah halaman untuk pengguna melakukan login, dimana kami memberikan pilihan untuk masuk sebagai client atau freelancer. Setelah login maka pengguna akan langsung diarahkan ke halaman Home
     
    Jika pengguna lupa kata sandinya, maka pengguna bisa klik button forgot password dan akan diarahkan ke halaman berikut.

     

    Pada halaman ini pengguna akan diminta untuk memasukkan email atau nomor telepon yang telah didaftarkan, jika merasa sudah benar maka pengguna dapat klik pesan verifikasi. 


    • Home

     

    Menu Home terdiri dari tiga jenis, yang pertama adalah bagian Home untuk pengguna yang belum login atau register yaitu guest. Sedangkan yang kedua dan ketiga adalah bagian Home untuk pengguna yang sudah login dan register sebagai client maupun freelancer
     
    Pada bagian Home, terdapat beberapa fitur diantaranya adalah dapat mencari freelancer ataupun jasa yang sedang dicari. Selain itu juga dapat mengarah ke profil dan juga login atau register secara langsung melalui button di pojok kanan atas. Selanjutnya terdapat fitur dimana pengguna dapat langsung melihat webinar terbaru yang ditampilkan di home page.

     

    • Mencari
     
     
    Pada bagian Cari juga terdapat dua tampilan, dimana ada tampilan untuk pengguna yang belum melakukan login ataupun register dan juga untuk yang sudah login dan melakukan registrasi. 
    Pengguna akan diarahkan ke halaman ini saat mereka mencari freelancer, dimana terdapat profile freelancer beserta nama dan ratingnya. Saat pengguna klik salah satu profil freelancer, maka akan diarahkan ke halaman berikut.

     

    Pada halaman ini, client dapat memulai percakapan dengan freelancer-nya maupun melihat-lihat terlebih dahulu profil freelancer-nya. Jika ingin melihat jasa yang ditawarkan terlebih dahulu, maka akan diarahkan ke halaman berikut 

      

    Pada halaman ini, client dapat membaca deskripsi dan juga harga yang ditentukan oleh freelancer. Jika ingin menggunakan jasa tersebut, maka client dapat klik tombol chat sekarang untuk terhubung ke freelancer.

     

    • Chat
    Fitur chat digunakan ketika client sudah menemukan freelancer yang cocok sesuai dengan yang ia cari. Fitur ini berfungsi bagi client (pencari jasa) dan freelancer untuk berkomunikasi. Pengguna yang dapat menggunakan fitur ini hanya pencari jasa dan freelancer. Apabila Guest meng-klik fitur ini maka akan diarahkan pada halaman Login terlebih dahulu. Maka dari itu, fitur chat ini juga terbagi menjadi 2 yaitu dari sisi freelancer dan dari sisi client (pencari jasa)
      • Dari sisi client (pencari jasa) :
    Ketika client sudah menemukan freelancer yang cocok dan klik “Chat sekarang” maka client akan diarahkan pada formulir dibawah ini :
     
     
     
    Formulir ini nantinya akan dikirimkan kepada freelancer dan client (pencari jasa) menunggu apakah tawaran project tersebut diterima atau ditolak oleh freelancer. Selanjutnya, apabila tawaran project tersebut sudah di-accept oleh freelancer maka client (pencari jasa) dan freelancer akan terhubung melalui chat. Dalam chat, client (pencari jasa) dan freelancer dapat berdiskusi mengenai detail project yang akan dikerjakan hingga freelancer mengajukan deal kepada client (pencari jasa).
     

     

    Dalam deal tersebut, client dapat memilih offer, deal, cancel. Offer apabila client ingin menawar lagi (bisa pada harga, deadline, dll pada project). Deal apabila client sudah setuju dengan ketentuan yang ada dan akan dilanjutkan ke halaman payment. Cancel apabila client merasa tidak cocok dan tidak jadi menggunakan jasa freelancer tersebut.
      • Dari sisi freelancer :
    Freelancer akan mendapatkan notifikasi ketika mendapatkan tawaran project dari client (pencari jasa) dan dapat memilih untuk accept atau decline project yang ditawarkan
     
     

    Setelah menerima project tersebut, maka freelancer akan diarahkan ke halaman chat untuk terhubung dengan client (pencari jasa). Dalam chat, freelancer dan client (pencari jasa) dapat berdiskusi mengenai detail project yang akan dikerjakan hingga freelancer dan client merasa deal maka freelancer dapat membuatkan deal dengan klik “+” lalu “buat deal”
     
     
     

    Lalu freelancer akan diarahkan untuk mengisi formulir deal mulai dari nama project, tanggal deadline, harga project dan keterangan lainnya. Pada formulir ini, freelancer juga akan mengetahui harga yang dipotong biaya platform dan total biaya bersih yang didapatkan. Setelah itu, formulir tersebut akan ditampilkan pada chat (biaya platform dan biaya bersih yang didapatkan freelancer tidak ditampilkan)
     
     
     
    Pada deal tersebut, freelancer hanya memiliki pilihan cancel apabila freelancer ingin membatalkan project tersebut. Setelah itu, freelancer menunggu pada client (pencari jasa) untuk memilih. Ketika client (pencari jasa) memilih “offer” maka diskusi pada chat dilanjutkan kembali hingga menemukan deal lagi. Ketika client (pencari jasa) memilih “deal” maka diskusi pada chat selesai.

     

    • Payment / Pembayaran
    Setelah tombol deal ditekan, client (pencari jasa) akan diarahkan ke halaman pembayaran, dimana halaman yang pertama keluar adalah rincian detail transaksi yang dilakukan, seperti berikut:
     
     
     
    Jika semua sudah sesuai, client dapat menekan tombol Lanjutkan ke Pembayaran untuk melakukan pemilihan metode pembayaran. Selanjutnya, client akan diarahkan ke halaman berikutnya, yaitu:
     

     

     
    Tersedia berbagai macam metode dan jenis pembayaran yang dapat dipilih, seperti transfer bank, virtual account, dan e-wallet. Client dapat memilih metode pembayaran yang dikehendaki dengan cara menekannya, lalu akan muncul cara pembayaran di bagian bawahnya seperti gambar di atas. Setelah memilih metode pembayaran, client dapat menekan tombol Bayar.
     
    Setelah itu akan muncul pop-up loading. Ketika loading selesai dan pemilihan metode pembayaran sukses, maka pop-up loading berubah menjadi sukses.

     

    • Webinar
     
    Pada page webinar ini, pengguna yang sudah login maupun belum login bisa melihat informasi webinar yang ada. Selain itu juga, ada bagian kategori-kategori webinar yang ada. Jika pengguna ingin melihat salah satu webinar dengan klik foto webinar, maka akan muncul halaman berikut.
     

    Pada halaman ini, pengguna dapat melihat deskripsi, narasumber, tanggal dan waktu yang ada. Jika pengguna tertarik dengan webinar ini dan ingin mendaftar, maka pengguna dapat klik daftar sekarang dan akan diarahkan ke web pendaftaran resminya. Jika pengguna belum login, maka akan diarahkan ke halaman login terlebih dahulu agar bisa melakukan registrasi.

     

    • Profil
     
    Pada Profil, akan terlihat foto pengguna, nama lengkap, jenis kelamin (laki-laki atau perempuan), kota tempat tinggal, alamat email, nomor telepon, dan alamat tempat tinggal. Terdapat 3 button dimana masing-masing akan mengarah ke page Pesanan Saya, Ubah Profil, dan Pengaturan Akun.

     

    • Pesanan Saya (Pesanan Diproses dan Pesanan Selesai)
     
    Jika klik button “Pesanan Saya” pada halaman Profil, maka client akan diarahkan ke halaman di atas dimana terdapat dua pilihan, yaitu Pesanan Diproses dan Pesanan Selesai. Pesanan Diproses maksudnya adalah pesanan customer yang sedang berjalan dan dikerjakan oleh freelancer sesuai dengan pesanannya, sedangkan Pesanan Selesai adalah pesanan client atau customer yang sudah diselesaikan oleh freelancer. Pada Pesanan Diproses, akan ada button untuk chat freelancer serta status pesanan tersebut. Pada Pesanan Selesai, client dapat melakukan chat freelancer, serta memberikan penilaian atau rating.

     

    • Rating
     
    Setelah diklik “Beri Penilaian” pada halaman Pesanan Selesai, maka customer atau client (pencari jasa) akan diarahkan ke halaman di atas kiri dimana menampilkan foto, nama, dan pekerjaan freelancer yang dipesan tersebut, disertai dengan nama project. Customer diminta untuk memberikan nilai bintang 1, bintang 2, bintang 3, bintang 4, atau bintang 5 sesuai dengan kepuasan customer dan performa dari freelancer apakah sesuai dengan pesanan awal atau tidak. Review dapat diketik berupa komentar. Setelah customer menyelesaikan keseluruhan penilaian, maka customer dapat klik tombol Submit. Jika diklik tombol submit, akan terdapat pop-up sesuai dengan gambar di atas kanan.

     

    • Ubah Profil
     
    Jika menekan button “Ubah Profil” pada Profile, maka akan diarahkan ke halaman di atas dimana pengguna dapat mengubah data diri mereka sesuai dengan data faktual dan aktual. Foto profil juga dapat diganti. Setelah mengisi perubahan data diri yang diperlukan, pengguna dapat menyimpan perubahan dengan klik button oranye “Simpan Perubahan”.

     

    • Pengaturan Akun dan Ubah Password

     

    Jika menekan button “Pengaturan Akun” pada Profile, maka akan diarahkan ke halaman di atas kiri dimana pengguna dapat mengubah nama dan email dari akun mereka, serta dapat dilakukan ubah kata sandi yang bertujuan untuk terus menjaga keamanan dari akun pengguna. Jika klik “Ubah Password”, maka akan diarahkan ke halaman di atas kanan dimana nanti pengguna jika sudah menginput kata sandi baru, dapat klik button “Ubah Password” dan kembali ke halaman di atas kiri, lalu menyimpan perubahan dengan klik button oranye “Simpan Perubahan”.

     

    • Generate CV
    Fitur Generate CV ini dapat digunakan oleh semua pengguna, baik yang memiliki akun pada ClickJob maupun yang tidak memiliki akun pada ClickJob. Fitur Generate CV ini berfungsi agar pengguna dapat memilih desain CV sendiri dan pengguna dapat mengisi data sesuai template yang telah disediakan. Fitur ini terbagi menjadi 4 step yaitu : 
    Step 1 : Pada step 1, pengguna dapat memilih desain CV yang diinginkan dan mengisi data pribadi seperti nama lengkap, domisili, nomor telepon, alamat email, serta dapat menambahkan foto yang akan dipasang pada CV.

     
    Selanjutnya, setelah pengguna memilih desain dan mengisi data diri maka pengguna dapat meng-klik “Save Personal Details” dan lanjut ke step 2.
    Step 2 : Pada step 2, pengguna akan mengisi data pengalaman kerja yang pernah didapatkan mulai dari nama pekerjaan, nama perusahaan, jenis pekerjaan (Full Time/Part Time/Internship/Freelancer), tanggal mulai dan berakhir pekerjaan tersebut dan deskripsi mengenai apa yang dikerjakan.
     

     

    Selanjutnya, setelah pengguna memilih mengisi data pengalaman kerja maka pengguna dapat meng-klik “Save Experience” dan lanjut ke step 3 atau klik “Back” untuk kembali ke step 1.
    Step 3 : Pada step 3, pengguna akan mengisi data mengenai edukasi dan skill yang dimiliki. Pada edukasi, pengguna akan mengisi dari nama sekolah/institut/universitas, jurusan studi yang diambil, jenis gelar yang diambil (Master/Bachelor/Doctor), GPA, tanggal mulai dan berakhir pendidikan tersebut, prestasi dan kegiatan yang pernah didapatkan selama pendidikan tersebut.
      

      

     

    Selanjutnya, setelah pengguna memilih mengisi data edukasi dan skill maka pengguna dapat meng-klik “Finish” dan lanjut ke preview CV pada step 4 atau klik “Back” untuk kembali ke step 2.
    Step 4 : Pada step 4, ini merupakan tahap akhir dimana pengguna dapat melihat preview CV dari desain serta data-data yang sudah dimasukkan.
     
    Pada step ini, pengguna dapat memilih untuk mengunduh langsung CV tersebut atau ingin dikirimkan melalui email.

     

    • About Us

     


    Fitur about us merupakan bagian untuk mengenal ClickJob lebih dalam yang berisi mengenai pengenalan ClickJob, motto ClickJob dan value inti dari ClickJob. Fitur ini dapat diakses oleh semua pengguna mulai dari yang memiliki akun maupun yang belum memiliki akun pada ClickJob. 

    • Contact Us
    Fitur contact us ini merupakan fitur yang dapat diakses oleh semua pengguna mulai dari yang memiliki akun maupun yang belum memiliki akun pada ClickJob. Fitur ini merupakan “help center” yaitu pelanggan bisa melakukan pencarian informasi atau solusi untuk kendala yang mereka hadapi. Dalam fitur ini juga terdapat berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan (Frequently Asked Questions) dari transaksi/menu yang ada serta solusi dari kendala tersebut. Ada pula kontak yang tertera apabila pengguna ingin melakukan layanan pengaduan.
      

     


    Analisa Pengguna:

    Link gforms: User Testing (google.com)


    • Daftar pernyataan dengan metode SUS sebagai aspek penilaian prototype :

    1. Saya berpikir akan menggunakan sistem ini lagi.

    2. Saya merasa sistem ini rumit untuk digunakan

    3. Saya merasa sistem ini mudah digunakan

    4. Saya membutuhkan bantuan dari orang lain atau teknisi dalam menggunakan sistem ini

    5. Saya merasa fitur-fitur sistem ini berjalan dengan semestinya

    6. Saya merasa ada banyak hal yang tidak konsisten (tidak serasi pada sistem ini)

    7. Saya merasa orang lain akan memahami cara menggunakan sistem ini dengan cepat

    8. Saya merasa sistem ini membingungkan

    9. Saya merasa tidak ada hambatan dalam menggunakan sistem ini

    10. Saya perlu membiasakan diri terlebih dahulu sebelum menggunakan sistem ini


    Dengan pilihan jawaban merupakan skala 1-5 yang menyatakan:

    1 : Sangat Tidak Setuju

    2 : Tidak Setuju

    3 : Ragu-ragu

    4 : Setuju

    5 : Sangat Setuju


    Berikut hasil perhitungan metode SUS dengan 10 pertanyaan yang diisi oleh 13 orang :



    Berdasarkan perhitungan di atas, nilai akhir dari data hasil pengisian gforms adalah 70. Skor tersebut kemudian disesuaikan dengan penilaian SUS. Untuk mengecek masuk kategori mana nilai yang didapatkan maka dapat melihat gambar di bawah ini : 



    Dari gambar tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai yang didapat masuk ke dalam kategori “OK” dengan grade scale C. Maka, ini menunjukkan bahwa artinya secara usability berdasarkan data hasil gforms tersebut mendapatkan penilaian dapat diterima atau acceptable.



    • Daftar pasangan pernyataan dengan metode UEQ:

    1. menyusahkan - menyenangkan

    2. tidak dapat dipahami - dapat dipahami

    3. kreatif - monoton

    4. mudah dipelajari - sulit dipelajari

    5. bermanfaat - kurang bermanfaat

    6. membosankan - mengasyikan

    7. tidak menarik - menarik

    8. tak dapat diprediksi - dapat diprediksi

    9. cepat - lambat

    10. berdaya cipta - konvensional

    11. menghalangi - mendukung

    12. baik - buruk

    13. rumit - sederhana

    14. tidak disukai - menggembirakan

    15. lazim - terdepan

    16. tidak nyaman - nyaman

    17. aman - tidak aman

    18. memotivasi - tidak memotivasi

    19. memenuhi ekspektasi - tidak memenuhi ekspektasi

    20. tidak efisien - efisien

    21. jelas - membingungkan

    22. tidak praktis - praktis

    23. terorganisasi - berantakan

    24. atraktif - tidak atraktif

    25. ramah pengguna - tidak ramah pengguna

    26. konservatif - inovatif


    Dengan pilihan jawaban merupakan skala 1-7 pada masing-masing pasangan yang dipilih berdasarkan pernyataan yang paling menggambarkan aplikasi.


    Hasil Analisis:

    Dalam metode UEQ, ada 6 skala penilaian yaitu : 

    1. Daya Tarik (Attractiveness)

    Skala penilaian ini digunakan untuk mengukur bagaimana kesan keseluruhan yang dirasakan pengguna terhadap website ClickJob, apakah pengguna menyukai website ClickJob ini atau tidak. 

    1. Kejelasan (Perspicuity)

    Skala penilaian ini digunakan untuk mengukur kemudahan yang dirasakan pengguna saat menggunakan website ClickJob. 

    1. Efisiensi (Efficiency)

    Skala penilaian ini digunakan untuk mengukur interaksi antar pengguna dan website ClickJob dilakukan dengan cepat dan efisien. 

    1. Ketepatan (Dependability)

    Skala penilaian ini digunakan untuk mengukur bagaimana perasaan pengguna dalam kendali dalam melakukan interaksi, apakah perilaku sistem ClickJob dapat diprediksi oleh pengguna.

    1. Stimulasi (Stimulation)

    Skala penilaian ini digunakan untuk mengukur bagaimana kesenangan dan motivasi yang didapatkan pengguna saat menggunakan website ClickJob, apakah website ClickJob, apakah pengguna merasa termotivasi untuk terus menggunakan website ClickJob.

    1. Kebaruan (Novelty)

    Skala penilaian ini digunakan untuk mengukur bagaimana kreativitas dan inovasi website ClickJob, apakah website ClickJob memiliki tampilan yang inovatif dan kreatif sehingga dapat menarik minat pengguna.


    Berikut hasil perhitungan skala penilaian dari masing-masing pertanyaan metode EUQ yang diisi oleh 13 orang



    6 skala penilaian UEQ dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu aspek daya tarik (attractiveness), aspek pragmatic quality, dan aspek hedonic quality. Aspek pragmatic quality berkaitan dengan manfaat yang dirasakan oleh pengguna serta efisiensi dan kemudahan website untuk digunakan. Aspek pragmatic quality meliputi kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency) dan ketepatan (dependability). Sedangkan aspek hedonic quality meliputi stimulasi (stimulation) dan kebaruan (novelty). 


    Berikut tabel hasil analisisnya :



    Berdasarkan tabel di atas, nilai yang tertinggi adalah aspek pragmatic quality yaitu 1,34. Pada aspek pragmatic quality, nilai yang tertinggi adalah aspek kejelasan (perspicuity) yaitu 1,385. Ini menunjukkan bahwa website ClickJob mudah untuk dipahami dan dipelajari oleh pengguna karena faktor kejelasan dan kemudahan mendapatkan nilai positif. Aspek efisiensi (efficiency) memperoleh kesan positif, hal ini menunjukkan bahwa website ClickJob dapat digunakan dengan cepat dan efisien dengan memperoleh nilai 1,327. Interaksi dengan sistem website ClickJob dapat dikendalikan oleh pengguna, hal ini ditunjukkan oleh aspek ketepatan (dependability) yang bernilai 1,308. Sistem website ClickJob merupakan sistem yang menarik dan nyaman bagi pengguna, karena aspek daya tarik (attractiveness) memiliki impresi positif dengan nilai 1,32.


    Hasil analisis diperoleh nilai aspek hedonic quality adalah 0,92. Hasil dari perhitungan nilai UEQ untuk aspek stimulasi (stimulation) adalah 1,154. Hal ini menunjukkan bahwa website ClickJob bermanfaat bagi pengguna dan memotivasi pengguna untuk terus menggunakan website tersebut. Nilai UEQ untuk aspek kebaruan (novelty) adalah 0,692 yang menunjukkan bahwa website ClickJob belum terlalu memiliki inovasi dan kreativitas yang beragam. 


    Berikut hasil benchmark dari 6 aspek penilaian UEQ: 




    BAB 3
    PENUTUP

    1. Kesimpulan
    Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil kuesioner pembuatan prototype ini adalah aplikasi ini mudah untuk dimengerti, baik dan terorganisir serta berdasarkan nilai SUS yang telah dihitung, prototype ini mendapatkan nilai 70 yang berarti OK. Berdasarkan metode UEQ, hasil benchmark menunjukkan bahwa aspek daya tarik (attractiveness), kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), ketepatan (dependability), dan stimulasi (stimulation) masuk ke dalam kriteria diatas rata-rata (above average). Sedangkan aspek kebaruan (novelty) berada dalam kriteria dibawah rata-rata (below average).

     

    1. Saran
    Saran yang disimpulkan berdasarkan hasil kuesioner yang diterima adalah prototype ini harus diperbaharui dengan desain yang lebih baru dan kreatif. Selain itu, pada aspek kebaruan (novelty) terdapat faktor yang perlu menjadi perhatian karena termasuk kriteria dibawah rata-rata yaitu monoton dan perlu mengembangkan tampilan yang inovatif dan kreatif. 



     


    Referensi

    • https://katadata.co.id/maesaroh/berita/61e77393e0513/ilo-ramal-angka-pengangguran-ri-belum-akan-turun-ke-level-pra-pandemi#:~:text=Berdasarkan%20data%20World%20Employment%20and,juta%20orang%20di%20tahun%20depan.
    • https://kamus.tokopedia.com/a/angkatan-kerja/
    • https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/29/061900920/catat-inilah-8-penyebab-lamaran-kerja-ditolak?page=all
    • https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/22/190400965/mendominasi-penduduk-indonesia-mari-mengenal-generasi-z-dan-milenial?page=all


    Komentar